Cara Merakit Komputer

maskharisma.my.id - Komputer adalah alat yang dapat menerima perintah untuk melakukan operasi aritmatik atau logika secara otomatis. Pada jaman modern seperti saat ini, komputer dapat membantu menyelesaikan dan meringankan pekerjaan manusia. Sebelum dapat bekerja komputer terlebih dahulu harus dirakit. Komponen - komponen yang dibutuhkan untuk merakit komputer antara lain prosessor, memori, motherbord, power supply, CDRom, VGA, harddisk, monitor dan casing.

Kebanyakan orang terkadang berpikir bahwa merakit komputer dianggap sulit sehingga banyak yang belum dapat merakit sebuah komputer dan lebih suka membeli komputer yang telah siap pakai. Pada tulisan saya kali ini akan membahas tentang cara merakit komputer yang baik dan benar.

Persiapan
Persiapan merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan agar memudahkan dalam perakitan komputer dan menghindari permasalahan yang timbul karena kurangnya pengetahuan dan pengenalan perangkat keras (hardware) komputer. Hal - hal yang terkait persiapan yaitu Penentuan konfigurasi komputer, Persiapan komponen dan perlengkapan, dan Pengamanan 
perlengkapan komputer

Perakitan
Setelah semua persiapan lengkap, tahap selanjutnya adalah tahap perakitan komputer yaitu
  1. Penyiapan motherboard, periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier, dan tegangan masukan ke motherboard. Atur setting jumper sesuai petunjuk. Kesalahan mengatur tegangan jumper tegangan dapat merusak prosessor.
  2. Memasang Prosessor, Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing.
  3. Memasang Heatsink, Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.
  4. Memasang Modul Memori, 
  5. Memasang motherboard pada casing
  6. Memasang power supply
  7. Memasang kabel motherboard dan casing
  8. Memasang drive seperti harddisk, CDRom, dll
  9. Memasang Card Adapter
  10. Memasang penutup casing
  11. Menyambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding
  12. Memasang konektor monitor ke port video card
  13. Memasang konektor kabel keyboard dan mouse ke port 
  14. Menghubungkan piranti lainnya jika ada seperti speaker, mikropon, dll
  15. Pengujian dan Instalasi operasi sistem

Sumber Bacaan :
1. www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-komputer/
2. Bambang Catur. 2008. Makalah : Tutorial Merakit Komputer. bangbambang.wordpress.com