Petunjuk Teknis Budidaya Ikan Nila Srikandi

ikan nila srikandi

maskharisma.my.id - Ikan nila (Oreochromis niloticus) dikenal mempunyai banyak keunggulan antara lain pertumbuhan cepat, tahan penyakit dan dan toleran terhadap lingkungan. Ikan nila merupakan komoditas budidaya andalan di Indonesia. 

Ikan nila srikandi merupakan ikan nila unggul hasil pemuliaan di Balai Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) melalui program hibridisasi. Ikan nila srikandi ini telah mengalami serangkaian evaluasi meliputi ketahanan salinitas, performa pertumbuhan, ketahanan penyakit dan lingkungan, pengujian proksimat, molekuler, karakter dan kualitas daging, morfometrik dan meristik, karakter reproduksi dan sebagainya. Ikan nila srikandi mempunyai performa pertumbuhan terbaik pada salinitas 30 ppt.

Dalam E-book Petunjuk Teknis Budidaya Ikan Nila Srikandi ini akan membahas 3 hal terkait budidaya ikan nila srikandi yaitu Pembenihan Nila Srikandi, Pendederan dan Aklimatisasi, serta Pembesaran dan Pemanenan. Pada bagian Pembenihan Nila Srikandi akan membahas terkait Seleksi Induk, Persiapan Kolam, Pemijahan, Pemberian Pakan, Pemantauan Kualitas Air, Panen Larva dan Pemeliharaan, serta Pencatatan.

Bagian Pendederan dan Aklimatisasi akan membahas Persiapan kolam Pendederan, Persiapan Hapa dan Waring Pendederan, Pengendalian Hama dan Penyakit, Persiapan Aklimatisasi Benih, Pemberokan dan Panen Benih, Proses Aklimatisasi, serta Pengemasan dan Pengangkutan Benih, Dan yang terakhir pada bagian Pembesaran dan Pemanenan akan membahas terkait Persiapan Tambak, Penebaran Benih, Pemberian Pakan, Pemeliharaan Kualitas Air, Pemantauan Kesehatan Ikan, Waktu Pemeliharaan dan Pemanenan.

Untuk mengetahui Petunjuk Teknis Budidaya Ikan Nila Srikandi secara lengkap, silahkan download DISINI