Inovasi Olahan Ikan – Baby Fish Nila

Baby Fish Nila

maskharisma.my.id ­- Kandungan zat gizi yang terdapat pada ikan segar antara lain : Omega 3, Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B6, Vitamin B12, Zat besi, Yodium, Selenium, Seng, dan Fluor. Sedangkan manfaatnya yaitu Untuk proses perkembangan otak pada janin dan penting untuk perkembangan fungsi syaraf dan penglihatan bayi, Merangsang pertumbuhan sel otak balita, Mencegah kebutaan pada anak, Untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang, Membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf, Untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf, untuk mencegah terjadinya penyakit gondok, hambatan pertumbuhan anak, Untuk membantu metabolisme tubuh dan sebagian anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, Membantu kerja enzim dan hormon, dan menguatkan dan menyehatkan gigi anak.
Selain digoreng ikan dapat juga diolah menjadi olahan lain. Olahan-olahan ikan tersebut antara lain : Bakso Ikan, Siomay Ikan, Kaki Naga, Nugget Ikan, Baby fish, dan lain-lain.
Salah satu olahan ikan yang mudah dibuat adalah abon ikan. Apa itu abon ikan?Abon merupakan salah satu jenis makanan awetan berasal dari daging (sapi, kerbau, ikan) yang disuwir-suwir dengan berbentuk serabut atau dipisahkan dari seratnya. Kemudian ditambahkan dengan bumbu-bumbu selanjutnya digoreng.
Ikan yang dapat digunakan sebagai bahan membuat abon ikan adalah ikan laut maupun ikan air tawar. Ikan air tawar yang dapat digunakan salah satunya adalah ikan lele.
Selain murah dan mudah didapat, ikan lele juga merupakan ikan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT BABY FISH NILA........?
Bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan-bahan murah dan meriah juga bisa makan bersama.
Bahan:
  1. 250 gram ikan nila yg masih kecil (baby fish), disiangi, lalu cuci dengan air mengalir hingga bersih.
  2. 250 gram tepung beras.
  3. 1 sendok makan tepung sagu.
  4. Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.
  Bumbu halus:
  1. 5 siung bawang putih.
  2. 5 siung bawang merah.
  3. Jahe seukuran 3 sentimeter.
  4. Lengkuas seukuran 2 sentimeter.
  5. 1 sendok teh biji ketumbar.
  6. Kunyit seukuran 1 sentimeter.
Bumbu lain:
  1. Garam, lada putih, & lada putih bubuk secukupnya.
  2. 0,5 sendok teh kaldu bubuk instan.
Cara membuat baby fish nila goreng:
  1. Masukkan tepung beras & tepung sagu ke dalam wadah, aduk rata. Tambahkan garam, kaldu bubuk instan, & lada putih bubuk, aduk rata, sisihkan.
  2. Masukkan ikan nila kecil ke dalam wadah. Tambahkan bumbu yg sudah dihaluskan, garam, gula pasir, & lada putih bubuk, aduk rata, diamkan selama 15 menit supaya meresap & bau amis hilang.
  3. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng. Ambil ikan nila kecil berbumbu, masukkan ke dalam campuran tepung, aduk sampai terlapisi, angkat, goreng sambil dibolak-balik sampai matang, berwarna kuning kecokelatan, & kering, angkat, tiriskan.
  4. Pindah ke wadah saji / masukkan ke dalam toples setelah suhunya normal, baby fish nila goreng gurih super renyah siap dihidangkan
Selamat Mencoba. Semoga Sukses!!

Sumber : ppbjateng.com